CARA MEMBENTUK PERUT SIXPACK

Dalam membentuk perut yang sixpack diperlukan latihan yang keras, terutama bagi pria yang memiliki perut yang gemuk, lebih harus memperhatikan makanan dan suplemen. Beda halnya dengan pria kurus, lebih harus memperhatikan pola makannya dan tidurnya.
Ada berbagai macam Cara Membentuk Sixpack, diantaranya dengan latihan rutin di tempat gym atau fitnes.
Namun, perlu kita ketahui Membentuk Perut Sixpack bisa kita lakukan dengan latihan di rumah lho… Dengan niat yang kuat dan beberapa latihan rutin. Bagi kita yang mempunyai perut yang berlebihan lemak sangat di anjurkan untuk memperkecil atau membuang lemaknya sebelum membentuk perut sixpack yang kita inginkan.
Berikut adalah beberapa cara dan latihan yang bisa kita lakukan dirumah tanpa harus ltihan ke GYM atau tempat fitnes. Dengan catatan ada kemauan dari diri sendiri untuk konsisten, menjaga pola makan, dan memberi asupan protein yang teratur.

SIT UP

Sit up adalah salah satu latihan paling efektif untuk membentuk perut kita menjadi sixpack. Selain dapat dilakukan dimanapun, Sit up juga bebas dari biaya dan tanpa memerlukan alat yang mahal untuk melakukannya. Namun, dalam latihan ini, kita juga wajib memperhatikan caranya yang benar untuk menghindari cidera pada otot.
Berikut cara Sit Up yang benar adalah.
Sit Up Yang Benar
livestrong.com

CARA SIT UP YANG BENAR

  • Gunakan alas atau matras. Karena matras atau alas ini akan melindungi kulit kita bergesekan dengan lantai. Pilihlah matras yang tipis, karena jika memakai matras yang tebal akan membuat sulit dalam melakukan sit up.
  • Posisikan badan kita dalam posisi berbaring. Rileks, berbaringlah senyaman mungkin, sehingga kita tidak tegang dan kaku.
  • Jika posisi kita anggap sudah nyaman. Letakkan tangan pada belakang antara leher dan kepala kita.
  • Setelah itu angkat perlahan badan kita menggunakan otot perut. Dengan tangan tetap di belakang.
  • Lakukan dengan bertahap bukan dengan kecepatan dan banyaknya. Untuk awal lakukan 5 atau 10 SitUp Istirahat 1 menit, lalu lakukan kembali dengan tambahan jumlah 5 Kali. Atur ritme pernapasan saat melakukannya agar tidak cepat lelah. Dengan menarik nafas dari hidung, lalu membuangnya melalui mulut.
  • Jauhi latihan yang intens, untuk menjauhi kram pada otot perut.
Dan berikut beberapa variasi SitUps yang dapat kita lakukan di rumah, untuk Membentuk Perut Sixpack
REVERSE CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
LIVESTRONG.COM
RAISED LEG CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
FROG CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
BICYCLE CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
SIDE CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
RUSSIAN TWIST
Membentuk Perut Sixpack
SIDE PLANK CRUNCH
Membentuk Perut Sixpack
V-UPS
Membentuk Perut Sixpack
WIDE LEG SIT UP
Membentuk Perut Sixpack
RUNNING MAN SIT-UP
Membentuk Perut Sixpack
REVERSE CRUNCH PULSE
Membentuk Perut Sixpack
FULL SIT-UP
Membentuk Perut Sixpack

PLANK

Cara Membentuk Sixpack
Fitstream.com
Plank merupakan salah satu cara membentuk sixpack yang bisa kita lakukan untuk memperkuat otot perut. Dengan gerakan ini membantu kita untuk membentuk otot bagian perut dan pinggang selain itu plank juga bisa memperbaiki akan postur tubuh kita.

CARA PLANK YANG BENAR

Berikut adalah cara latihan gerakan plank untuk pembentukan otot perut kita
  • Posisi badan kita berbaring pada lantai atau matras dengan posisi siku tepat di bawah bahu dan kaki dilebarkan sepenuhnya seperti halnya di gambar.
  • Angkat tubuh bagian atas ke udara hingga membentuk garis lurus dari bahu ke pergelangan kaki.
  • Kencangkan dengan perlahan dan mengatur pernapasan perut kita dan bokong, tahan dalam posisi ini selama 30 detik lalu istiahat lakukan sebanyak 8 kali sehari.
Sama halnya dengan SIT-UP, Plank juga mempunyai variasi gerakan.

Pinterest.com/darebee.com

PUSH UP


Kata Push up sudah tak asing lagi di telinga dan pikiran kita. Kita pasti sudah pernah melakukan latihan gerakan ini, terlebih saat di waktu sekolah pada jam olah raga. Gerakan ini cukup mudah, namun berefek yang sangat besar pada otot tubuh kita.
Dengan gerakan Push Up ini kita juga mampu mendapatkan tubuh yang atletis. karena dengan Varian push mampu mengembangkan beberapa bagian otot, diantaranya otot dada, bahu, dan otot perut. Dengan di imbangi latihan yang rutin dan asupan protein.

CARA PUSH-UP YANG BAIK DAN BENAR

  • Saat melakukan push up kita bisa menggunakan alas untuk lebih aman dan nyaman, namun tidak menggunakan alas juga tidak apa.
  • Letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu kita.
  • Bertumpulah pada ujung jari kaki, sehingga posisi tubuh kita lurus sempurna.
  • Usahakan posisi tubuh lurus tanpa membungkuk atau membengkok.
  • Doronglah bahu dan tangan kita sehingga lurus kembali kedepan dengan sambil mengambil nafas dari hidung.
  • Turunkan bahu sampai tangan kita membentuk siku. Sambil mengeluarkan nafas melalui mulut.
  • Lakukan berulang kali sampai 10 kali lalu beristirahat. Gerakanlah semampu kita, jika sudah terlalu lelah, hentikan latihan ini. Karena jika terlalu di paksakan otot kita akan berakibat cidera.
  • Lakukan pada pagi atau sore hari.
Dan berikut variasi gerakan Push-Up yang berfokus pada otot perut.
SINGLE LEG RAISED PUSH UP

GICKR.COM
Target gerakan ini adalah seluruh tubuh bagian atas dan otot disekitar perut. Adapun caranya, dari dengan mengangkat 1 kaki, lakukan gerakan push up dengan 1 kaki tetap di atas.
SPIDERMAN PUSH UP
Cara Membentuk Sixpack
steemd.com
Bukannya kita harus jadi spiderman ya, gerakan ini hanya mirip dengan gerakan spiderman saat merayap di tembok. Dengan menargetkan otot dada dan otot perut samping. Caranya dimulai dari posisi push up seperti biasa  lalu ketika mendorong bahu kebawah tekuk salah satu kaki kita kesamping sehingga lutut kita sejajar dengan pantat.
Nah, Bagaimana ? sudah taukan Cara Membentuk Sixpack, tanpa harus ke tempat GYM atau Fitnes, tinggal kemuan kita yang kuat dan latihan yang giat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

SEDIKIT CATATAN NIH

  • Jangan hanya berfokus pada satu latihan saja.
  • Variasikan setiap kali kita latihan. Misalkan Hari ini latihan kita Lari, Sit Up, dan Push Up besok Bedain lagi Lari, Plank, dan Berenang
  • Berenang bukan hanya melatih otot lengan dan kaki, berenang  juga melatih otot perut lho
Jangan lupa Like Fan Page Facebook apahayo dan follow juga kita di Instagram Apahayoofficial , Jangan lupa juga Share atau bagikan artikel ini ke sahabat kita lainnya ya.

Comments